Nenek 92 Tahun Pecahkan Rekor Maraton Dunia



Nenek 92 Tahun Pecahkan Rekor Maraton Dunia – Meskipun usianya mencapai 92 tahun, Gladys Burril dapat menyelesaikan komba lari maraton yang diselenggarakan di Honolulu, Hawaii. Guinness World Record pun mencatat ia sebagai rekor terbaru wanita tertua yang menyelesaikan lomba lari jarak jauh tersebut.

Guinness World Record memberikan penghargaan tersebut pada Burrill, Selasa (5/4). Lembaga itu mengonfirmasi catatan waktu Burril yakni 9 jam dan 53 menit dalam sebuah perlombaan lari maraton di Honolulu pada 12 Desember 2010.

“Jika Anda ingin sehat dan berumur panjang seperti saya, perbanyaklah berjalan. Saya suka berjalan karena saya bisa berhenti dan mencium wangi bunga,” ujar Burrill setelah menerima kalung bunga dari anggota dewan Hawaii. Gladys pun mendapat julukan sebagai The Gladyator.

Sebelumnya, Burrill mengendarai pesawat terbang, mendaki gunung, hiking di padang pasir, dan menungang kuda. Ia kemudian mengambil bagian dalam maraton pertamanya pada 2004, saat ia berusia 86 tahun.

Sejak itu, Burril sukses menyelesaikan lima dari tujuh perlombaan. Ia sempat absen pada 2008 karena suaminya meninggal. Ia pun gagal mencapai garis finish dalam pertandingan maraton tahun 2009 karena mengalami gangguan perut.

Catatan rekor Burrill juga diakui oleh World Record Academy dan Badan Atletik Amerika Serikat. Dia melampaui rekor sebelumnya yang dibukukan Jenny Wood-Allen asal Dundee, Skotlandia. Wood-Allen menyelesaikan Maraton London 2002 di usia 90 tahun.