Mengapa Api Berwarna Merah / Biru ?

Kenapa siy api itu berwarna merah ato biru??
Api terjadi dari panas reaksi oksidasi. Maksud dari kata-kata ini sangatlah luas. Api bisa terjadi jika ada unsur O2-nya, misalnya dari percobaan lilin yang mati ketika ditutup dengan gelas karena kehabisan O2. Sedangkan reaksi oksidasi adalah reaksi yang mengalami kenaikan bilangan oksidasi, artinya selalu melepaskan elektron. Dan jika suatu reaksi melepaskan elektron, maka dia cenderung melepas energi. Hal ini terbukti bahwa pada setiap reaksi pembakaran, harga entalpi selalu negatif (berarti dia melepas energi).
Kemudian, MENGAPA WARNA API BERBEDA-BEDA?
Menurut saya, warna api tersebut dipengaruhi oleh elektron-elektron dalam api yang selalu berpindah-pindah. Misalnya dari kulit k ke kulit m atau dari kulit n ke kulit L. Setiap kulit mempunyai tingkat energi yang berbeda-beda. Semakin tinggi tingkat kulit, maka semakin tinggi juga tingkatan energinya.
Setiap unsur mempunyai spektrum emisi tertentu, dan bila tersorot api, maka akan memancarkan radiasi elektromagnetik yang akan menghasilkan pancaran api dengan warna-warna tertentu. Hal ini juga yang menyebabkan warna api berbeda-beda. Coba anda "menyorotkan api" pada unsur alkali dan alkali tanah. Pasti akan menghasilkan warna api yang berbeda-beda.