Jurong Bird Park, Taman Burung Terbesar Di Dunia & Pertama di AsiaTenggara

jurong
Jurong Bird Park adalah taman burung yang terbesar di seluruh dunia. Sedikit sejarah Jurong Bird Park, dibuka pertama kali pada Januari 1971 di lahan seluas 20.2 hektar. Dana yang digunakan pertama kali sewaktu membangun taman ini sebesar S$3,5 juta, belum termasuk biaya tanah taman ini. Konsep taman ini didesain agar para pengunjung bisa berjalan-jalan mengeliling berbagai varian burung yang berasal dari Asia Tenggara, Afrika, Amerika Selatan dan Lory Loft.

Spot / Highlight yang menarik ( Lihat Peta Jurong Bird Park):
African Waterfall Aviary
African Wetlands
Bird Discovery Centre
Hornbill and Toucan exhibit
Lory Loft
Pelican Cove
Penguin Expedition
Southeast Asian Birds Aviary
Windows on Paradise
200px-Pelican_Cove,_Jurong_Bird_Park,_Oct_05Saat ini ada 600 spesies burung menghuni taman burung terbesar di dunia ini.  Dan total jumlah burungnya sekitar 8000an. Jurong Bird Park ini adalah salah satu tempat wisata favorit para wisatawan mancanenagara dan lokal. Bayangkan saja total pengunjung pertahunnya saja mencapai hingga 900 ribu orang. Jika anda sudah lelah untuk berjalan kaki, disediakan kereta monorail ( Panorail ) yang akan mengeliling taman ini sehingga anda bisa menikmati pemandangan yang indah berserta kehidupan aneka satwa unggas.
Harga tiket masuk ke Jurong Bird Park:
S$18.00 (dewasa), S$9.00 (anak 3 – 12 tahun)
Tiket Panorail:
S$5.00 (dewasa), S$2.50 (anak 3 – 12 tahun)
Jam Buka:
8.30 pagi – 6.00 sore setiap hari
Food and Beverage outlets:
The Lodge on Flamingo Lake (Special Events Only)
Terrace Kiosk
Bongo Burgers Restaurant
Cara Pergi ke Jurong Bird Park:
Naik MRT ke Boon Lay Station (EW27), lanjutkan dengan bus SBS Transit nomor 194 atau 251 diBoon Lay Bus Interchange.
Event yang sedang berlangsung di Jurong Bird Park:
Hollywood Dinos dari tanggal 12 Desember – 21 Februari 2010.
Saran Acara:
- Pagi Hari -
9.00 Tiba di Taman Burung Jurong Bird Park dan mulai kunjungan Anda dengan berjalan kaki yang menyegarkan sambil menikmati keindahan Palm Plaza Garden dan membiarkan kehijauan mempesona Anda dengan pohon-pohon palem yang eksotis. Melihat pemandangan yang indah, angsa hitam dan bebek yang bahagia hidup keluarga harmonis, mengayuh bersama-sama dalam kolam yang nyaman!
9.00 – 9.20 Pergilah ke Lory Loft melalui Panorail Taman Burung. Ini adalah salah satu monorel ber-AC yang tersedia di daerah ini untuk mengangkut pengunjung untuk melihat Taman yang mengagumkan. Lory Loft, yang memiliki luas 3.000 meter persegi dan terdiri dari 9 tingkat, adalah terbesar di dunia, berjalan di Lory Flight Aviary dan lebih dari 1.000 rumah burung. Lihatlah bagaimana kawanan lories berwarna-warni ini menghampiri Anda!
9.25- 9.45 Kembali ke Panorail, duduk santai dan rileks saat Anda memasuki Waterfall Aviary Afrika. Ini adalah satu-satunya di dunia monorel yang berjalan melewati rumah-rumah burung, sangat menarik! Waterfall Aviary Afrika adalah sebuah rumah burung terbesar di dunia dengan lebih dari 1.500 burung-burung Afrika yang terbang bebas dari sekitar 50 spesies yang ada. Sekarang, Anda siapkan kamera Anda dan berpose untuk mengambil gambar yang luar biasa yaitu air terjun buatan yang tertinggi di dunia dengan setting hutan hujan tropis!
10.00-10.30 Show Birds of Prey di Fuji Hawk Walk
Saksikan elang yang menawan, rajawali dan burung elang menukik di atas puncak pepohonan. Anda tidak hanya bisa dekat dengan burung yang mengagumkan ini, Anda juga akan memperoleh wawasan tentang dunia elang yang menarik seperti melihat gerak gerik burung-burung ini dalam berburu mangsanya.
10.30-10.45 Memberi Makan Penguin (10:30) Berhentilah di Penguin Ekspedisi di mana Anda akan disuguhi pemandangan panorama lebih dari 200 penguin “terbang” di bawah air. Lima spesies pameran adalah Humboldt, Rockhopper, Makaroni, Fairy dan King Penguin. Dapatkah Anda mengidentifikasi spesies yang berbeda?
11.00-11.30 Pertunjukan Bird n Buddies di Kolam Amphitheatre Acara ini merupakan pertunjukan yang paling spektakuler dan pertunjukan yang menghadirkan paling banyak jenis burung dalam satu kali pertunjukannya. Anda akan dihibur dengan karakter dengan kostum warna-warni yang antik dan Anda akan takjub dengan perilaku burung-burung tersebut. Bagi yang beruntung bahkan dapat berinteraksi dengan burung-burung!
11.30 – 11.45 Pergilah ke Dinosaur Descendants, wahana yang paling baru diluncurkan, di mana 4 spesies burung yang tidak bisa terbang disimpan di dalam satu kandang. Mereka yaitu Ostrich, Kasuari, Rhea dan Emu. Varian ini dianggap paling dekat dengan Dinosaurs. Datang dan lihatlah!
11.45- 12.00 Masukilah “World of Darkness”, Rumah burung malam yang pertama di Asia yang menampilkan sistem pencahayaan terbalik, mengubah siang menjadi malam dan sebaliknya. Menyajikan 60 burung dari 17 spesies, seperti Bangau dan Snowy Night Owls. Hal ini mirip dengan berjalan kaki di malam yang tenang di sepanjang jalan hutan ditemani cahaya bintang, mengamati burung-burung di habitat asli mereka.
12.00- 12.15 Lanjutkan ke Wetlands Afrika – wahana yang telah memenangkan Aseanta Award pada 2007, menampilkan bagaimana alam, burung-burung dan manusia hidup berdampingan! Cari jenis burung unik seperti Shoebills, bangau Saddle-billed, pelikan Australia dan banyak lagi. Berangkatlah ke Jurong Bird Park.