Made in Indonesia.... "FISIKA TANPA RUMUS"....


 Ada beberapa pertanyaan yang musti anda jawab:

1. Mnurut agan, pelajaran apa yg paling sulit swaktu di sekolah?
2. Apa yang agan ingat ketika mendengar kata FISIKA?
2. Benarkah bahwa Fisika identik dengan rumus?
3. Benarkah bahwa tidak hafal rumus berarti tidak bisa fisika?



Nah, dari hasil pengamatan melalui obrolan-obrolan mulai dari obrolan pinggir jalan sampai obrolan kantor, maka ktika mendengar kata fisika, tidak sedikit orang akan menjawab fisika itu sulit, menakutkan dan banyak rumus..
Dan tidak sedikit siswa yang memilih utk menghindar dari pelajaran fisika, dan bahkan mbolos sewaktu pelajaran fisika, benarkah?

Nah sekarang ada metode baru dalam belajar fisika gan.. Mau tau seperti apa?

A. Sang penemu
 
 Fisika tanpa rumus ini ditemukan oleh Prof. Yohanes Surya. Agan-agan tau kan siapa beliau? Beliau menyebut fisika tanpa rumus ini dengan istilah Fisika Gasing. Beliau sekarang mendirikan perusahaan Surya Institute yang bergerak dalam dunia research, pengembangan metode belajar, percetakan, pengajaran dll.
Untuk profile lengkap beliau bisa dilihat di www.yohanessurya.com

Kebetulan ane diberi tanggung jawab beliau untuk membantu proses pembuatan dan pengembangan fisika tanpa rumus ini.

B. Seperti apa Fisika Tanpa Rumus Itu?

Mungkin agan bertanya-tanya seperti apa sih fisika tanpa rumus itu? Dan mungkin jg sebagian dari agan mengatakan bahwa impossible. Nah begini gan, Fisika Tanpa Rumus ini adalah metode belajar fisika yang menggunakan logika-logika sederhana. Jika agan memahami logika penambahan, perkalian, pengurangan dan pembagian maka belajar fisika sekarang menjadi sangat gampang dan menyenangkan. Sekarang tak lagi ditemukan rumus-rumus yang rumit dalam metode ini. Dan sekarang bisa dikatakan bahwa “DILARANG MENGHAFAL RUMUS di sini”.. hehe…
Contoh penjelasan:

Kasus Gerak Lurus Berubah Beraturan

1. Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan 3 m/det. Berapa jarak yang ditempuh selama 2 detik?
 
Penjelasan:
Mobil bergerak dengan kecepatan 3 m/det artinya adalah setiap detik menempuh jarak 3 meter. Maka jika waktunya 2 detik, jarak yang ditempuh adalah 3x2 = 6 meter.


2. Dua buah mobil A dan B. Kedua mobil saling berhadap-hadapan, terpisah sejauh 20 meter. Mobil A bergerak ke kanan dengan kecepatan 3 m/det dan mobil B bergerak ke kiri dengan kecepatan 2m/det. Kapan kedua mobil bertemu?



Penjelasan:
Jika kita lihat, kedua bola bergerak mendekat dengan kecepatan 3 m/det dan 2 m/det. Dalam 1 detik bola A mendekati bola B sejauh 3 meter, sedangkan bola B mendekati bola A sejauh 2 meter. Jadi apabila digabungkan maka dalam 1 detik mereka bertambah dekat 3 + 2 meter = 5 meter.
Jarak kedua bola mula-mula adalah 20 m, kedua bola bertumbukan setelah 20/5 = 4 det.


C. Beberapa hal yang perlu agan ketahui:

1. Fisik tanpa rumus ini adalah buatan Indonesia asli gans. Dan targetnya akan dikenalkan secara meluas.
2. Fisika tanpa rumus ini sebelumnya belum pernah ada. Jadi bisa dikatan “the first in the world”
3. Ada beberapa satuan yang menggunakan satuan baru dalam fisika yang menggunakan bahasa Indonesia. Dan harapannya satuan ini akan digunakan sebagai satuan yang digunakan secara international.
4. Ane sudah menguji coba metode fisika tanpa rumus ini ke beberapa anak-anak. Mulai dari level SD sampai SMA, mulai dari anak pedalaman sampai anak kota. Hasilnya, luar biasa gans ternyata antusiasme anak2 sangat baik menyambut metode ini. Dan bahkan kami disini sedang menggodok beberapa anak-anak SD dari Papua yang sudah menyelesaikan beberapa materi fisika dan targetnya setelah dalam waktu 6 bulan kedepan mereka selesai belajar fisika. Dan kebetulan juga ada penawaran dari universitas dr amerika yang menawarkan progam kuliah langsung bagi anak-anak SD ini..
5. Jika ingin tau tentang fisika tanpa rumus, silakan PM ane... Buktikan bahwa fisika itu mudah...


Untuk beberapa tmn2 yang ingin belajar sprti apa itu Fisika Gasing, dimohon utk bersabar dan menunggu, karena kami skrg sdng merapikan materi yang ada. Sebagai info jg, kami (Surya Insitute & group) skrg sedang mensosialisasikan matematika gasing dan GIPIKA (gerakan ibu2 cinta matematika) sebagai level pertama metode pembelajaran gasing. Nah rencananya setelah matematika gasing, kedepannya akan di sosialiasikan fisika gasing scr lebih massiv..

Metode fisika gasing ini sdh pernah disosialisasikan ke masyarakat, jd wajar jd sudah diadobsi olh bbrp kalangan. Tp ide orisinil ya dari prof. Yohanes Surya. Dan jg ada beberapa bab dalam fisika tanpa rumus yg belum di publish-kan ke umum..

Untuk materi fisika gasing, maaf kami blm mem-publish-kan ke umum. Kedepannya, kami (Surya Institute) akan mensosialisasikan ke masyarakat umum. Website surya institute: www.suryainstitute.org

Vol 1 (Mekanika 1)
















Berisi:
- Gerak Lurus beraturan
- Gerak Lurus berubah beraturan
- Gerak 2 dimensi (gerak parabola)
- Gerak relatif
- Gaya sebagai penyebab percepatan
- Bidang miring
- Gaya normal
- Gaya gesekan
- Gaya Fiktif
- Usaha, energi kinetik, energi potensial..

Totalnya skrg sudah ada 4 volume buku, dan akan terus bertambah dan dikembangkan..