Tips dan Trick PES 2010

1. Freekick (presentase goal =99%)
Meskipun ini adalah cara curang (cheats), tapi bolehlah sekedar info.
Caranya; Pilih penendang (usahakan penendang memiliki freekick accurasi diatas 80), kemudian tekan tombol start, lalu pilih player setting, geser kursormu menjadi “assisted”, artinya biarlah CPU yang mengambil alih, lihatlah CPU mencetak skor untukmu. Setelah goal, geser kembali kursormu seperti semula (bisa unassisted ataupun semi-assisted,sesuai seleramu).


2. Menghalau atau menggagalkan freekick lawan
Agar lawan mustahil untuk memasukan bola melalui freekick, tekan rapid kotak (tekan berulang- ulang dengan frekuensi yang cepat), semua pemain dalam pagar betis kita akan melakukan lompatan menghalau bola. Dalam kondisi lawan memperoleh jarak ideal freekick, ada baiknya pagar betis ditambah (L1+arah atas). Menurut analisa, “bug” yang bisa meng-kolong (melewati sela- sela) bagar betis telah diperbaiki, jadi kemungkinannya menjadi nol untuk menerobos pagar betis seperti pada PES 2009 yang lalu.

3. Melewati hadangan barisan bek (defender)
Untuk bisa melewati barikade (beberapa pemain musuh mengepung)
Caranya; Tekan tombol arah depan 2x, pemain yang sedang mendribble akan melakukan gerakan special meng-kolong lawan. Ini efektif bila menggunakan pemain yang mempunyai stats exelent dalam mendribble. contoh; pato. Biasanya cara ini cocok dimainkan oleh user yang gemar melakukan center attack.

4.Skoring memanfaatkan blunder Kiper (salah satu “BUG” PES 2010)
Kondisi yang musti dipenuhi adalah ketika kita melakukan penyerangan yang cenderung spontan (macam counter attack, tetapi tidak mutlak), biasanya serangan yang kita lancarkan dari tengah, perhatikan ketika pemain (kita) yang membawa bola mulai mendekat ke sekitar 1/4 dari sudut kotak penalty terluar secara otomatis kiper lawan akan maju kedepan dengan cara berlari kecil, ketika kiper sudah tidak on-position, maka bergeraklah (lari) serong untuk mencari celah dan melesatkan gol, terlihat jelas kiper akan melakukan tindakan bodoh (blunder) dengan membiarkan bola masuk ke gawang.

5. Corner Kick
Cara adalah memberikan umpan lambung (cara klasik) : geser posisi penendang 1/3 ke dalam, tunggu pemain yang ada di dalam kotak penalty lawan memperoleh posisi yang bagus lalu tekan O (powergauge =1/2 lebih sedikit) lalu setelah bola melayang ,tekan dan tahan arah (arah luar) untuk memberi efek parabol, lalu tekan rapid kotak + arah (sesuai posisi, lalu arahkan sundulannya). Dalam kondisi tertentu dan pemain tertentu bisa menempatkan diri dengan cara mem-body untuk mempertahankan posisi untuk menyundul bola, nah inilah yang saya maksud dengan menunggu sampai pemain meperoleh posisi.

Untuk menggagalkan cara corner diatas adalah menempatkan salah satu pemain di depan gawang (1/4 tiang terdekat penendang lawan), ini dilakukan untuk mengkover lawan dan memberikan efek pressing agar pemain lawan yang bisa menyundul sekalipun akan tidak akurat. Cara menggagalkan corner yang diumpan mendatar adalah mengkover (berdiri di depan) lawan yang posisinya paling dekat dengan penendang lawan (biasanya berdiri di dekat tiang terdekat sisi luar gawang kita).

6. Mengumpan di area kosong
Caranya; Umpan dengan rigt stick kedepan (lihat area yang kosong) lihat timming, maka pemain yang terdekat dengan bola (kecuali pengumpan) akan beradu sprint dengan bek atau bahkan kiper lawan. Cara ini bisa diaplikasikan di tengah lapangan maupun sisi lapangan, lihat sikon!
Untuk user yang gemar bermain dengan gaya sayap, tempatkan satu winger dengan defensive low (atur di game plan) agar ketika counter attack, pemain ini bisa langsung merespon dan menang posisi. Caranya tekan L1 + right stick + arah kemana area yang dimaksudkan. Bila sudah sangat terbiasa, menggunakan manual pass bisa dijadikan senjata andalan.

7. Kombinasi umpan satu – dua (one-two pass)
Tips inilah yang membedakan antara master dengan amatir, bila sudah sangat berpengalaman dengan alur bola melalui umpan – umpan. Ketika permainan berlangsung manfaatkan umpan biasa (X) + L1 walaupun CB yang sedang mengumpan ke SB, hal ini dilakukan untuk mengganggu konsentrasi pertahanan lawan karena CB juga bergerak ke depan, kemudian DMF (atau pemain tengah juga), bahkan kalau perlu lakukan L1+X untuk melakukan semua umpan. Sesekali lakukan one-two pass (L1+X, ketika pemain kita dapat posisi tekan X atau Segitiga). Untuk memberikan warna yang lebih baik ke dalam permainan kita, lakukan juga (X+R2) untuk memberikan gerakan yang tidak monoton yaitu mengumpan lalu mengikuti bola bahkan bisa diagonal larinya,kadang bisa lewat belakang pemain yang kita umpan (itulah efek X+R2). Kombinasikan juga dengan tombol Segitiga. Tombol pass yang digunakan= L1 X, X, X R2, Segitiga, L1 Segitiga, Segitiga R2.

8. Penalty Kick
Yang perlu diperhatikan adalah tombol arah nya sudah berbeda dengan yang ada pada PES 2009.
Caranya; Check di training mode


9. Goal Jarak Jauh (luar kotak penalty)
Caranya; Larilah secara diagonal (menahan tombol serong) pastikan sudah ada minimal tiga langkah (usahakan tidak ada pressing yang berarti dari lawan), tetap tahan tombol arah serong lalu tekan Kotak (powergauge= setengah, bisa lebih sedikit saja), setelah bola melambung tekan R2 untuk memberi efek lengkung yang akurat. Untuk presentase goal yang lebih besar, lakukan dijarak ideal gol, tidak bisa dilakukan di jarak yang memang mustahil untuk goal (dengan pertimbangan Stats=shoot power).

11. Mengkartumerahkan Kiper lawan
Cara lama menggunakan cancel kick : Kotak(gauge on) + X.
Cara lain; Saat berhadapan dengan kiper lawan buang bola dengan menggunakan manual pass (right stick) ke kanan atau kekiri, pokonya agar kiper lawan menabrak pemain kita yang sedang tanpa bola (dibutuhkan timing yang tepat).

13. Spectaculer goal (goal dari tengah lapangan, jarak lebih dari 40m)
Meskipun presentase goal nya sangat rendah, namun ini patut dicoba. Paling tidak kita bisa memberikan efek kejut bagi lawan, dan bila tidak goal sekalipun kita bisa mendapat hadiah corner kick.
Caranya; ketika kick off baru saja dimulai, giring bola (diperlukan beberapa langkah kaki) ,biasanya posisi pemain yang menendang masih di dalam garis lingkarang di tengah lapangan kemudian tekan tombol Kotak untuk shoot (powergauge sekitar 3/4) + arah depan + R2 (untuk memberi efek parabol). Cara ini juga bisa dipakai ketika kita meng-counter attack, dengan asumsi bahwa kiper lawan tidak on-position (agak maju kedepan ketika timnya melakukan serangan). ingat! tembakan harus berada di setengah sisi lapangan lawan. Inilah yang biasa disebut orang- orang dengan goal dari tengah lapangan.
Goal : tendangan salto (overhead kick)
Caranya; melalui umpan silang lambung (tekan tombol O 2x = early cross, bisa juga hanya dengan menekan tombol O 1x) lalu setelah pemain kita mendapat umpan (usahakan agar posisi sipenerima umpan bebas), lalu gerakkan tombol arah (biasanya saya memakai analog rigt stick dengan cara setengah lingkaran atau kiri kanan dengan cepat), gerakan analog ini dilakukan untuk membuat bola yang diterima memantul di dada (pemain penerima umpan) agar bolanya agak melayang di dekat posisi kepala pemain, selanjutnya tekan tombol kotak (powergaugenya sedikit saja) + tombol arah (untuk mengarahkan tendangan salto).


14.Quick change side attack
Caranya; Ketika bola dibawa oleh pemain sayap kita (bisa SB atau SMF), pokoknya yang sedang berada di sisi pinggir lapangan, umpanlah menggunakan O + R2 + arah kiri/kanan/diagonal, ini dilakukan untuk mengubah penyerangan bila tadinya di sisi kanan, secara cepat diubah ke serangan sisi kiri. Ini bisa memberikan variasi serangan yang beragam. Jangan ragu pula sesekali mengumpan dengan tombol O (bila perlu + R2 untuk umpan yang akurat).

15. Fast counter attack efficienly
Usahakan memasang penyerang yang memiliki specialisasi lolos dari jebakan offside dan mempunyai kemampuan lari tanpa bola yang cepat (acceleration + top speed). Taruh pemain ini di center area.
Caranya; Ketika kita di serang, lalu setelah kita mematahkan serangan ini, bolapun kita kuasai, setelah itu bola digiring sampai jarak sekitar 20m dari gawang kita, tekan L1 + Segitiga + arah depan , untuk mengumpan lambung terobosan jauh kedepan, hal ini dilakukan untuk membuat pemain kita adu sprint dengan pemain belakang lawan yang tersisa. Inilah counter attack cepat yang efektif. Metode ini baik digunakan untuk user yang gemar melakukan “direct football”. Cara ini juga bisa di improvisasi dengan memasang penyerang sayap (WF), cara hampir mirip dengan yang diatas, tekan tombol L1 + O + arah diagonal (sesuaikan dengan posisi WF).
Menipu wasit untuk memperoleh penalty kick
Caranya; Ketika kita mencoba driving (menusuk) masuk ke dalam kotak penalty lawan, pemain lawan akan melakukan body charge menempel (pressing), ketika itu pula pemain lawan (yang menempel) body ballance nya dibawah pemain kita, biasanya dia akan menarik kaos pemain kita (dibutuhkan pengamatan yang jeli), manfaatkan moment ini untuk melakukan “diving” dengan cara menekan L1 + L2 + R1.

Tips menjaga bola agar tidak terebut dengan mudah dan mampu mendominasi pertandingan :
Lakukan “umpan – umpan mudah” sebanyak mungkin (untuk meningkatkan mental semua pemain). Jangan memberi umpan bagi pemain yang mati langkah (terkepung lawan) atau dalam posisi sulit.
Jangan memaksakan diri meneruskan (menggiring bola) ke depan saat ada pemain lawan di belakangnya, atau, bila cuma satu pemain, usahakan “punggung”i pemain lawan tersebut, lakukan gerakan rotasi memutar perlahan (bila perlu sampai 360 derajat), jagalah agar pemain lawan tetap tepat di belakang punggung kita. Bila kondisinya tidak memungkinkan (ada 3 lawan), lebih baik umpankan saja bola ke belakang (ke pemain kita yang lain yang bebas).

Semoga bermanfaat bagi teman- teman gamers, bagi yang mau menambahkan, ditunggu tipsnya, terimakasih.