Legenda Benteng - Benteng Tangguh Manchester United

1. Jaap Stam




Jarang sekali manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson mau mengakui kesalahan yang dibuatnya namun ia akhirnya mengaku juga kalau ia telah membuat satu kesalahan saat menjual beknya, Jaap Stam ke Lazio tahun 2001 silam.

Bek asal Belanda itu dilepas ke Biancoceleste dengan harga 16,5 juta pound setelah ia mengungkapkan beberapa fakta dalam otobiografinya, namun Ferguson menyebut kalau hal itu hanyalah salah satu dari kesalahan langka yang diperbuatnya selama memegang kendali Old Trafford.Itu salah satu kesalahan yang saya buat, semoga saya tak banyak melakukannya, namun itu salah satunya," tutur Ferguson pada The Daily Mirror.
"Saya mendapat tawaran dari Lazio untuk 18,5 juta pound. Apakah benar 18,5 juta? Tidak, saya pikir 16,5 juta pound, dan saya mengatakan 'Saya tak bisa menolaknya, ia sudah berumur 30 tahun.

2. Paul Ince



Paul Ince (lahir 21 Oktober 1967; umur 43 tahun) adalah seorang manajer sepak bola Inggris yang sekarang memimpin tim sepak bola Liga Utama, Blackburn Rovers. Paul merupakan mantan pemain Manchester United dan menjadi pemain berkulit hitam pertama yang menjadi kapten Inggris.

Tahun Klub Main(gol)
1989–1995 Manchester United 206 (24)

3. Dennis Irwin (Si Raja Bersih)



Saat Alex Ferguson membayar 650.000 pounds kepada Oldham Athletic untuk mendapatkan Denis Joseph Irwin, ia tahu bahwa ia telah melakukan salah satu pembelian terbaik dalam sejarah Manchester United atau bahkan mungkin dalam sejarah sepakbola. Tidak diragukan lagi Denis Irwin adalah salah satu pemain paling penting di era kejayaan MU tahun ’90-an.

Denis Irwin sangat dapat diandalkan dan kemampuannya untuk bermain di beberapa posisi yang berbeda menjadikannya pemain inti yang tidak tergantikan, baik di klub MU maupun timnas Republik Irlandia selama hampir 10 tahun.

4. Laurent Blanc



Bek asal Prancis ini mengawali karier di klub Montpellier. Pada 2006, Blanc hijrah ke Barcelona. Ironisnya, Johan Cruyff yang memboyong Blanc ke Barcelona dipecat pada hari Blanc menyetujui untuk hijrah ke Nou Camp. Ia sempat membawa Barcelona menjuarai Supercopa de Espana. Namun, karier Blanc di Barcelona dirusak cedera yang kerap menderanya.

Pada 2001, Blanc bergabung ke Manchester United dari Inter Milan. Manajer Manchester United Sir Alex Ferguson sudah membujuk Blanc untuk bergabung sejak 1996. Ia sempat dikritik karena tampil buruk di beberapa bulan awal membela Manchester United. Namun, Blanc sanggup membawa Manchester United menjuarai Liga Primer Inggris 2002-2003. Ia pensiun pada 2003.

5. Wes Brown



Posisi: bek, pemain bertahan
Kebangsaan: Inggris
Tanggal Lahir: 1979/10/13 (30 tahun)
Tempat lahir: Manchester, England
Wesley “Wes” Michael Brown adalah Inggris sepakbola internasional yang saat ini fitur untuk pembangkit Premiership dan Eropa Manchester United. Dia bermain sebagai seorang pemain bertahan.
Wes Brown telah berada di Man United sepanjang hidupnya dan berkembang melalui akademi pemuda di klub dan melakukan debut pada tahun 1996. Namun dia gagal untuk memantapkan dirinya sebagai pilihan pertama reguler di Old Trafford walaupun hari ini dia telah bermain lebih dari 200 pertandingan bagi klub di semua kompetisi.

Wes Brown membuat debut Inggris pada tahun 1999 dan merupakan bagian dari skuad Inggris untuk Piala Dunia 2002. Tetapi dia telah sejak gagal membangun dirinya sebagai seorang Inggris reguler dan merupakan on-off anggota nasional Inggris set-up.

6. Rio Ferdinand



Kebangsaan: Inggris
Tanggal Lahir: 1978-11-07 (31 tahun)
Tempat lahir: Peckham, London, Inggris
Nama: Snoop, Jar Jar Binks
Rio Gavin Ferdinand adalah pemain sepak bola internasional Inggris yang saat ini fitur untuk Premier League dan raksasa Eropa Manchester United. dia bermain sebagai bek, pemain bertahan tengah dan dikatakan sebagai pemain kelas dunia. Ferdinand telah memenangkan kedua Premier League dan Liga Champion dengan Man United.
Rio Ferdinand dikembangkan di akademi pemuda Eltham Town, Queens Park Rangers dan kemudian West Ham United. Dia membuat debut tim pertama bagi West Ham on May 5,1996 ketika dia datang sebagai pengganti melawan Sheffield Wednesday. Dia terpilih sebagai Hammer of the Year pada musim 1997-1998 ketika dia hanya 20 tahun.

Rio Ferdinand itu ditandatangani oleh Leeds United pada November 2000 selama 18 juta poundsterling dan pergi ke fitur dalam 50 pertandingan liga bagi mereka dalam dua musim.

Ferdinand ditandatangani oleh Manchester United pada Juli 2002 pada kesepakatan lima tahun selama 30 juta poundsterling dan secara bertahap memantapkan dirinya di jantung pertahanan Man United. Pada tahun 2003 dia gagal mengikuti tes narkoba. Mengatakan bahwa dia telah lupa karena dia pindah rumah tapi benar-benar pergi berbelanja. dia, sebagai kemudian dilarang selama delapan bulan dari Januari 2004 di klub dan tingkat internasional dan menampar dengan baik-baik saja £ 50.000.

Tapi Rio Ferndinand kembali dengan keras dan telah membuktikan dirinya sebagai pilihan pertama Inggris Man United internasional dan bek, pemain bertahan tengah. Dia telah memenangkan tiga kali Liga Premier dengan United dan juga memenangkan Liga Champion dan Piala Dunia Antarklub FIFA.

Rio Ferdinand membuat debut internasional untuk Inggris pada November 15,1997 melawan Kamerun ketika dia hanya 19 tahun dan 8 hari. dia fitur untuk bangsa pada 2002 dan final Piala Dunia 2006. Dia telah tampil di lebih dari 70 pertandingan internasional untuk negaranya sejauh ini.

7. Nemanja Vidic



Kebangsaan: Serbia
Tanggal Lahir: 1981-10-21 (28 tahun)
Tempat lahir: Titovo, Serbia
Nemanja Vidic adalah pemain sepak bola Serbia internasional yang saat ini fitur untuk raksasa Premiership dan Eropa Manchester United. dia bermain sebagai pusat-kembali.
Nemanja Vidic memulai karir profesionalnya di sepak bola raksasa Serbia Red Star Belgrade pada tahun 2000 dan bermain untuk mereka sampai musim panas 2004 dan bermain 66 pertandingan liga bagi pihak Serbia. dia bermain untuk Spartak Moskow di musim panas 2004 dan tampil di 39 pertandingan liga bagi raksasa Rusia untuk satu setengah musim.

Pada bulan Januari 2006, Nemanja Vidic ditandatangani oleh Manchester United untuk 7 juta poundsterling dan dia segera duduk di tim pertama dan menjadi pilihan pertama biasa pusat-kembali untuk klub. Dia boleh dibilang tengah terbaik kembali untuk Man United untuk musim 2006-2007 dan 2007-2008.

Nemanja Vidic membuat debut internasional untuk bekas Yugoslavia pada bulan Oktober 2002 melawan Italia di kualifikasi Euro 2008. Sejak itu dia terus untuk membangun dirinya sebagai internasional Serbia.